Senin, 25 April 2011

[Update Terbaru ] Gempa Guncang Kendari-Sulawesi Tenggara

April 25, 2011 – 10:26 am
Dampak Gempa, Ribuan Warga Mengungsi Didaerah Perbukitan
Beritakendari.com-Senin (25/4/2011) Ribuan warga yang tersebar di Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, terpaksa mengungsi setelah gempa yang terjadi tadi pagi. Bersama anggota keluarganya, warga meninggalkan rumah dan mencari tempat perlindungan.
Daerah perbukitan pun menjadi sasaran pelarian warga. Kepanikan yang melanda warga ini terjadi menyusul adanya kabar tentang naiknya permukaan air laut pasca gempa yang sudah mendekati rumah-rumah warga.
Untuk di Kota Kendari, umumnya warga yang mengungsi rata-rata mereka yang tinggal diwilayah pesisir Teluk Kendari, mulai dari Kelurahan Lapulu, Sambuli, Nambo, Abeli dan beberapa wilayah lainnya. Sementara di Kecamatan Moramo, para pengungsi berasal dari Kelurahan Lapuko, Desa Moramo, Desa Bororo, Desa Landipo, Desa Lakomea, Desa Margacinta, Desa Wawondengi, Desa Tambosupa, Desa amohola, Desa Wawosunggu dan Desa Panambea Darata dan beberapa desa lainnya.
“kami takut jangan sampai terjadi tsunami makanya kami lari meninggalkan rumah”kata Yeni, warga Desa Moramo.
Kapolsek Moramo, AKP Hairuddin mengatakan tindakan warga untuk mengungsi tidak bisa dicegah karena rata-rata warga sedang dilanda ketakutan. “warga sudah kami evakuasi kedaerah ketinggian,”ujanya.
Kepanikan warga ini juga membuat Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan turun tangan untuk menenangkan warganya. Wakil Bupati Konsel, Sutoardjo Pondiu yang turun langsung ke Kecamatan Moramo dan Kolono, meminta kepada warga untuk tidak panik apalagi dengan adanya informasi dari pihak-pihak yang tidak bertangung jawab. “kami meminta kepada warga tetap tenang dan jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumbernya,”ujarnya.
Sementara itu, Kepala BMKG Kota Kendari Suwardi mengemukakan, gempa yang melanda Kota Kendari dan Konawe Selatan tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Karena itu warga diharapkan tidak panik dan mudah percaya dengan isu-isu yang dihembuskan oleh pihak tertentu. [Ys]
Sumber :http://beritakendari.com/dampak-gemp…erbukitan.html

Ratusan Rumah Rusak di 10 Desa Akibat Gempa
Beritakendari.com-Konawe Selatan-Senin (25/4/2011) Ratusan rumah yang tersebar di 10 Desa di Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, rusak akibat gempa. Selain mengalami kerusakan ringan berupa retak-retak, setidaknya terdapat puluhan rumah rusak berat dan porak-poranda. Tak hanya itu, ada juga sejumlah rumah rusak parah akibat tertimpa pohon kelapa yang tumbang.
Jajaran Polsek Moramo mencatat, sepuluh desa yang terkena dampak gempa itu masing-masing, Kelurahan Lapuko, Desa Moramo, Desa Bororo, Desa Landipo, Desa Lakomea, Desa Wawondengi, Desa Tambosupa, Desa amohola, Desa Wawosunggu dan Desa Panambea Darata.
Menurut warga, datangnya gempa tidak diprediksi sebelumnya. Saat warga masih berada didalam rumah, gempa tiba-tiba terjadi dan seketika itu rumah-rumah warga langsung roboh setelah terjadi getaran. Warga langsung panik berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.
Gempa yang dirasakan oleh warga Kecamatan Moramo kali diakui oleh BMKG Kendari sebagai gempa yang paling terbesar sepanjang 10 tahun terakhir, setelah gempa yang mengguncang Pulau Menui tahun 2003 lalu. Meski selama ini gempa selalu terjadi, namun getarannya tidak seperti yang dirasakan oleh warga saat ini. “gempa ini termasuk besar karena getarannya sampai merusak rumah-rumah penduduk dan menumbangkan pohon,”kata Said, warga Moramo.
Selain mengakibatkan warga harus kehilangan tempat tinggal, warga juga harus menelan kerugian yang tidak sedikit. Dari kerusakan yang ada, diperkirakan kerugian material mencapai miliaran rupiah.
Informasi terakhir yang dihimpun dari kantor BMKG Kota Kendari, gempa tektonik mengguncang wilayah Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan ini terjadi secara beruntun dengan pusat gempat tersebar ditiga titik . Gempa pertama terjadi pukul 07.07 Wita dengan kekuatan 6,0 SR yang berpusat di Kecamatan Kolono, Konawe Selatan, disusul gempa kedua sekitar pukul 07.10 Wita dengan kekuatan 4,7 SR yang berpusat di Kecamatan Moramo, Konawe Selatan dan gempa ketiga sekitar pukul 07.25 Wita yang berkekuatan 5,2 SR dengan pusat gempa di Kelurahan Anduonohu Kota Kendari.
Kepala BMKG Suwardi mengatakan penyebab gempa akibat adanya pergeseran lempeng sesar lasolo dan patahan teluk tolo. Sampai saat ini tercatat, gempa susulan masih terjadi dan terhitung sudah mencapai 27 kali dengan kekuatan dibawah 4,5 SR. [Ys]
Sumber:http://beritakendari.com/ratusan-rum…bat-gempa.html
Selama Ada gempa di kendari, bru ini yang paling keras…mohon doa restu dari agan2 agar tidak terjadi lagi…
[Update Terbaru ] Gempa Guncang Kendari-Sulawesi Tenggara


Info yg dicari :
kabar terbaru gempa kendari, berita baru gempa kendari, kabar terbaru tentang gempa di kendari, berita terkini di kendari, BERITA TERKINI SULAWESI TENGARA, info bmkg kendari ttg gempa, info terbaru gempa kendari, Info gempa susulan bmkg kendari, gempa dikota kendari, berita terbaru gempa kendari 2011,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar